Monday, October 28, 2013

Tentang Multimedia

Apa itu Multimedia siiih???

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Apa itu Multimedia Desain???
Desain multimedia merupakan pengembangan desain grafis statis. Desain Multimedia bekerja dan menghasilkan karya yang tidak hanya dapat dinikmati secara visual, tetapi juga audio. Dengan desain multimedia, memudahkan orang lain atau target untuk menangkap kesan dan pesan yang disampaikan. Hasil kerja desain multimedia seringkali berupa VCD, DVD atau perangkat penyimpan lainnya.

Pengambilan text, gambar, suara dan media sumber lainnya dapat menggunakan kamera digital, mengunduh dari internet, kamera perekam video, dan sebagainya.
Kegunaan desain multimedia antara lain untuk membuat dokumentasi event, curriculum vitae, demo produk, dan sebagainya.
Source: evitajieun.blogspot.com

Apa Itu Multimedia Interaktif???

Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang pengertiannya dahulu... (Saya mengambil dari beberapa sumber)

Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
  1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
  2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
  3. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
  4. Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
  5. Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
  6. Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll.yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.
Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, desain, arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll. (Wahono, 2007).Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif.
Berikut adalah Teknologi terbaru dari multimedia...
Untuk spesifikasi Ultrabook 5 ultra multimedia
samsung  (click here)



Untuk spesifikasi Ultrabook 5 ultra multimedia
samsung  (click here)










Source Image: Samsung Ultra 5 dan 

Keterangan untuk gambar tersebut
Pada tahun ini, Samsung telah memperkenalkan dua buah produk multimedia ultrabook dengan spesifikasi yang menarik bagi pengguna yang membutuhkan gadget dengan kemampuan mendukung kebutuhan multimedia. Produk – produk tersebut adalah Samsung Series 7 Ultra dan Samsung New 5 Ultra. Keduanya menggunakan Intel Core i5 3337U dengan clocking time 1,80 GHz, memori DDR3 sebesar 4GB, dedicated kartu grafis serta sistem operasi Windows 8 64 bit. Dengan spesifikasi tersebut, sepertinya memang Samsung mengincar pasar pengguna dengan kebutuhan multimedia tingkat tinggi ketika merilis kedua produk ultrabook tersebut.
Dengan desain dan ukuran yang terbilang kecil dan tipis, ultrabook multimedia ini tidak melupakan kebutuhan konektivitas, terdapat beebrapa fasilitas port yang dapat digunakan untuk sebagai jalur transportasi data dengan cepat dan praktis. Satu buah port VGA, 1 port HDMI, satu port USB 3.0, satu port USB 2.0, card reader multimedia, satu port LAN serta audio in out port untuk mengaktifkan penggunaan microphone serta headphone atau speaker aktif.
Jelas bahwa Samsung menggagas ide ultrabook multimedia ini dengan cukup teliti terkait dengan komponen serta perangkat pendukung yang terdapat dalam dua buah produk ultrabook multimedia terbaru mereka. Untuk kenyamanan penggunanya, kedua ultrabook multimedia tersebut juga memiliki backlit keyboard serta sensor auto brightness yang akan sangat berguna ketika digunakan di ruangan atau lingkungan yang gelap atau minim cahaya.
Source: bedahtekno.com

Berikut adalah contoh multimedia interactive
Insidous Chapter 2 

Tugas Multimedia ini, ditugaskan oleh YudiFlasheR 

0 comments:

Post a Comment